Penyusunan Ketentuan Struktur dan Digitalisasi Kebijakan Internal

SOP Digitalisasi Kebijakan Internal

Image

Penggunaan Kebijakan/Prosedur dalam sebuah perusahaan bertujuan untuk memastikan bahwa perusahaan beroperasi secara konsisten, efektif dan sistematis sesuai dengan standar yang telah ditetapkan sehingga dapat mengurangi terjadinya kesalahan dalam melakukan proses kerja. Seiring dengan berjalannya waktu, Kebijakan/Prosedur tersebut perlu untuk ditinjau, dievaluasi dan dimutakhirkan agar Kebijakan/Prosedur tersebut tetap selaras dengan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai.

Selain itu, penyusunan Kebijakan/Prosedur mempunyai tujuan yang penting dan sangat banyak manfaatnya. Salah satunya adalah memberikan panduan yang memudahkan para pelaksana tugas. Dalam memiliki Kebijakan/Prosedur, setiap organisasi modern telah memasuki tingkat transparansi agar setiap keputusan dan pelaksanaan mengacu pada tata cara yang benar. Kebijakan/Prosedur yang disusun wajib mudah dipahami, sederhana, namun sesuai pedoman aturan dasar yang berlaku.

Tujuan

Meningkatkan level kepercayaan Regulator
Meningkatkan level kepercayaan Regulator kepada manajemen Bank, khususnya pemenuhan aspek prudential Bank pada semua lini
Memudahkan proses update
Memudahkan proses update (penyempurnaan) Kebijakan/Prosedur
Menetapkan jenis-jenis kebijakan yang berlaku di Bank
Menetapkan jenis-jenis kebijakan yang berlaku di Bank yang ditentukan berdasarkan bentuk, sifat, dan isi (strategis/tidak, jangka panjang/pendek, mendesak/tidak, teknis/non teknis) serta isinya mengatur tentang apa (filosofi/prinsip dasar/prosedur umum/definisi, fitur produk, teknis pelaksanaan/operasional).
Menginventaris dan mengelompokkan seluruh kebijakan dan prosedur
Menginventaris dan mengelompokkan seluruh kebijakan dan prosedur yang ada.
Membangun tingkat kepatuhan
Membangun tingkat kepatuhan terhadap Kebijakan/Prosedur internal Bank secara optimal
Memastikan setiap unit kerja dan individu mendapat akses
Memastikan setiap unit kerja dan individu mendapat akses sesuai kewenangan yang ditentukan
Menetapkan kewenangan pemutusan dan penetapan kebijakan
Menetapkan kewenangan pemutusan dan penetapan kebijakan berdasarkan jenis kebijakan sebagaimana dimaksud pada poin nomor 2 tersebut di atas.
Membuat alur proses penerbitan/review kebijakan
Membuat alur proses penerbitan/review kebijakan berdasarkan jenis kebijakan sebagaimana dimaksud pada poin nomor 2 tersebut di atas beserta Service Level Agreement (SLA) setiap keputusan/proses.
Memudahkan organisasi dan individual
Memudahkan organisasi dan individual dalam mencari acuan Kebijakan/Prosedur internal Bank
Membuat ketentuan Struktur Kebijakan intern Bank
Membuat ketentuan Struktur Kebijakan intern Bank yang menggambarkan hierarki/tata urutan dan pengelompokan kebijakan dan prosedur di Perusahaan
Membuat format masing-masing kebijakan
Membuat format masing-masing kebijakan berdasarkan jenis kebijakan sebagaimana dimaksud pada poin nomor 2 tersebut di atas.
Melakukan rekonsiliasi 2 (dua) atau lebih Kebijakan dan Prosedur
Melakukan rekonsiliasi 2 (dua) atau lebih Kebijakan dan Prosedur yang dari hasil review ditemukan mengatur hal yang sama.

Download brosur kami!

Ada keraguan? Hubungi kami segera
Mulailah membangun pengalaman tingkat berikutnya dengan RMG.
Hubungi kami