Penyusunan Pedoman Treasury

SOP Treasury

Image

Globalisasi pada industri jasa keuangan telah berdampak pada semakin tingginya persaingan di antara lembaga penyedia jasa keuangan dalam melaksanakan transaksi pasar finansial. Demikian pula dengan transaksi treasury yang dilakukan oleh perbankan menjadi semakin canggih dan berkembang cepat. Untuk berpacu dengan perkembangan global tersebut bank harus mampu menyesuaikan teknologi sistem informasi, produk treasury, prosedur transaksi dan sumber daya manusia pada aktivitas treasury.

Unit treasury merupakan salah satu profit center Bank, sehingga agar kontribusinya terhadap laba Bank tetap terjaga, produk dan aktiitas treasury harus selalu mengikuti perkembangan pasar. Secara umum produk dan aktivitas treasury pada Bank BUKU 2 terdiri atas money market, foreign exchange dan fixed income, beserta turunannya (derivative plain vanilla). Kompleksitas fitur dan besarnya volume transaksi treasury menyebabkan produk dan aktvitas treasury termasuk kategori berisiko tinggi, sehingga diperlukan perencanaan yang matang apabila akan dilakukan pengembangan.

Di sisi lain, pertumbuhan ekonomi baik nasional maupun global mengalami perlambatan sebagai akibat dari penyebaran virus Covid-19, sehingga bank sentral di seluruh dunia cenderung mengambil kebijakan penurunan suku bunga acuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Kondisi ini tentu akan menekan pendapatan unit treasury apabila hanya mengandalkan transaksi penempatan yang bersifat hold to maturity.

Tujuan

Memberikan gambaran alternatif pengembangan bisnis
Memberikan gambaran mengenai apa saja alternatif pengembangan bisnis treasury berupa kajian, baik manfaat dan dampak lainnya.
Mendampingi Bank dalam kegiatan pengadaan sistem treasury
Mendampingi Bank dalam kegiatan pengadaan sistem treasury, yaitu memberikan masukan dan pertimbangan bagi manajemen dalam menentukan sistem treasury yang tepat bagi Bank, sekaligus memastikan seluruh proses implementasi dan interface dengan sistem core banking.
Menyusun/merevisi BPP dan atau SOP treasury
Menyusun/merevisi BPP dan atau SOP terkait treasury, yang disesuaikan dengan best practice dan rencana pengembangan bisnis.
Memastikan aspek akuntansi
Memastikan aspek akuntansi dari seluruh transaksi treasury baik existing maupun rencana pengembangan sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Memperoleh pendampingan terkait pelaksanaan transaksi treasury
Memperoleh pendampingan terkait pelaksanaan transaksi treasury khususnya kegiatan trading surat berharga dan transaksi plain vanilla lainnya.
Memberikan pengetahuan best practice terkait pemisahan fungsi
Memberikan pengetahuan best practice terkait pemisahan fungsi antara front, middle dan back office yang dapat diterapkan dan saran penyesuaian yang perlu dilakukan pada struktur organisasi maupun job description.
Mengevaluasi kebutuhan sumber daya manusia
Mengevaluasi kebutuhan sumber daya manusia dalam rangka pengembangan bisnis treasury, memberikan masukan perubahan yang diperlukan (apabila ada) dan memberikan pelatihan yang dibutuhkan dalam rangka peningkatan kompetensi.

Download brosur kami!

Ada keraguan? Hubungi kami segera
Mulailah membangun pengalaman tingkat berikutnya dengan RMG.
Hubungi kami